Contact Form

 

Oleh : Taufik B. Nugraha
Staff Kebijakan Publik Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Batam

Minggu lalu ada kejadian menarik yang terjadi di kampus saya. Dalam 2 hari ada 4 orang mengalami keadaan serupa, kesurupan. Fenomena kesurupan yang terjadi 2 hari berturut-turut ini merupakan yang pertama kalinya terjadi sejak saya kuliah di kampus itu.

Kesurupan sendiri adalah sebuah fenomena dimana seseorang berada di luar kendali dirinya sendiri atau bisa dikatakan kehilangan kesadaran diri. Fenomena ini biasa terjadi di negara dunia ketiga. Fenomena ini juga banyak ditemukan di negara india yang memiliki kultur budaya yang mirip dengan kita.

Kepercayaan tradisional yang diwariskan turun temurun kepada kita selama ini oleh orangtua kita adalah adanya gangguan roh-roh halus yang mengambil tubuh manusia untuk beberapa waktu sehingga membuat korban tidak sadar apa yang dia perbuat.

Tapi menurut DR. Dadang Hawari kesurupan adalah reaksi kejiwaan yang dinamakan reaksi desosiasi. Reaksi yang mengakibatkan hilangnya kemampuan seseorang untuk menyadari realitas di sekitarnya yang disebabkan adanya tekanan fisik maupun mental. Senada dengan itu Prof. Dr. dr. H. Soewadi, MPH, Guru Besar Ilmu Kedokteran Jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada yakin kesurup¬an bukan disebabkan makhluk halus. Soewadi memandang tekanan sosial sebagai biang kesurupan. Banjir, tsunami, gizi buruk, ketidakadilan, upah kecil, santun¬an tunai langsung, kesenjangan yang sangat mencolok.

Sebagai seorang muslim dan seorang intelektual saya tidak menafikan bahwa Allah SWT menciptakan makhluk lain selain kita. Namun saya lebih memilih penjelasan secara ilmiah untuk fenomena ini. Saya percaya tekanan sosial yang melanda negeri inilah penyebab utama maraknya terjadi kesurupan baik perseorangan maupun massal.

Karena tekanan sosial yang berlebihan dan sudah menumpuk, maka kesurupan menjadi sebuah kesempatan untuk mengekspresikan segala kekesalan, beban dan himpitan hidup yang terpendam. Biasanya dilakukan melalui jeritan, gerakan menari dan tindakan berbahaya seperti mencekik diri atau mungkin lompat dari ketinggian. Saat kesurupan korban melakukan sesuatu secara spontan, bebas dan tanpa beban. Setelah kesurupan biasanya fisik para korban akan merasa lelah tapi secara mental mereka mendapatkan kepuasan yang luar biasa.

Kesadaran diri

Bicara tentang hilangnya kesadaran diri, negeri ini banyak sekali orang yang kehilangan kesadaran dirinya. Bukan disebabkan karena kesurupan, tapi lebih kepada pragmatisme dan apatis terhadap keadaan sekitar yang sudah sedemikian rupa.

Hingga akhirnya orang-orang golongan ini, akan bisa dengan seenaknya membuang sampah sembarangan dari dalam mobilnya, merokok di tempat umum tanpa memperdulikan keadaan orang di sekitarnya yang terganggu dan tindakan seenaknya yang lain.

Akibat dari kurangnya kesadaran diri ini yaitu munculnya orang-orang yang sulit menempati batas kewajaran. Kalau dia ingin populer maka ia harus populer sekali, kalau dia ingin korupsi maka dia akan korupsi banyak sekali, kalau kaya dia akan jadi kaya sekali hingga jadi orang yang tak peduli dan kalau miskin dia akan jadi miskin sekali. Jarang ada orang yang ingin menempati batas kewajarannya.

Pameran hilangnya kesadaran diri ini semakin terlihat dengan makin meningkatnya jumlah golongan putih (Golput) yang semakin banyak, baik di tiap pilkada maupun pemilu yang diselenggarakan. Orang-orang ini dengan berbagai macam alasan tidak mau memilih dan berpartisipasi dalam pesta rakyat cerminan perwujudan demokrasi di Indonesia.

Sangat mengejutkan ketika membaca tulisan Pimpinan Redaksi koran ini, bahwa ada sekumpulan orang yang ingin menerbitkan buku berisikan tentang berbagai macam alasan kenapa meereka memilih golput.

Lucu melihat betapa banyaknya orang-orang di negeri ini yang begitu pintar mengkritik, tapi malas untuk bertindak. Terjun langsung dan benar-benar memberikan bukti nyata untuk melakukan perubahan. Melihat begitu banyaknya orang-orang yang tak beda keadaannya dengan keadaan saat kesurupan.

Masih akan sedikit terdengar heroik kalau alasan mereka untuk golput adalah karena kecewa dengan pemerintah, partai serta orang-orang yang selama ini hanya memberikan janji-janji tapi tak pernah terbukti. Namun yang kemudian menjadi ironis adalah ketika alasan mereka tidak memilih hanyalah karena malas melangkahkan kakinya menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang sebenarnya hanya berjarak tidak begitu jauh dari rumahnya.

Hingga akhirnya para panitia di TPS pun sibuk harus memberikan hadiah, menghias TPS bahkan mengenakan pakaian adat daerah setempat untuk menarik warga agar mau mendatangi TPS memberikan suaranya.

Tak ubahnya dengan penyebab kesurupan yang lebih disebabkan oleh tekanan sosial. Hilangnya kesadaran diri untuk memberikan suara mereka dalam pemilu juga disebabkan karena tekanan politik yang dibuat oleh para kontestan pemilu. Selama ini banyak partai yang hanya peduli saat masa kampanye tiba, mendekati masyarakat agar dipilih saat pemilihan nanti.

Harus lebih diwaspadai dan menjadi PR pula oleh para pemimpin dan partai-partai. Bahwa mereka harus bekerja ekstra keras mulai saat ini untuk mengurangi golput. Karena mulai dari pemilihan kepala daerah, wakil rakyat hingga presiden akan dilakukan secara langsung, yang tentu saja ini menambah kesibukan rakyat. Rakyat yang sudah dibebani berbagai derita kini ditambah kesibukannya dengan harus memilih langsung pemimpinnya.

Golput Bukan solusi

Keadaan negara ini sekarang sedang sangat sakit. Mulai dari rakyat kecil hingga tingkat elit semuanya sedang mengalami krisis kepercayaan. Masyarakat kita saat ini sedang mengidap penyakit saling tidak percaya, saling curiga terhadap sesama dan saling menjegal.

Rasa percaya mulai hilang dari tiap-tiap orang di negeri ini. Bangsa yang tidak memiliki rasa percaya tidak akan bisa membangun dan bangkit karena tidak ada kekuatan yang saling menghubungkan dan menyangga. Keaadaan yang terjadi kemudian adalah saling menjarah hak orang lain dan mementingkan kepentingan dirinya sendiri diatas kepentingan bangsa.

Sebuah penyakit yang menyebabkan tingginya angka golput dalam setiap pilkada atau pemilu. Penyakit yang menyebabkan bangsa ini tak kunjung bangkit dari keterpurukannya.

Kalau menggunakan skala prioritas tentu apapun alasannya kita wajib untuk memilih. Analoginya seperti ini, kalau ada sebuah benda yang sangat kita butuhkan tapi persediaan barangnya memang tidak ada yang baik lagi maka mau tidak mau kita harus memilih yang kerusakannya paling kecil agar setidaknya kita masih bisa sedikit optimal dalam penggunaannya nanti, syukur-syukur kalau bisa diperbaiki kerusakannya yang kecil itu.

Oleh karena itu, tak bijak rasanya kalau hanya karena emosi sesaat kita memutuskan untuk tidak memilih dalam pemilu. Karena esensi golput adalah sebuah keberhasilan yang berujung pada kegagalan. Sama seperti kesurupan, setelah mengekspresikan seluruh tekanan yang dialami kita akan merasa sangat puas. Tapi hanya kepuasan sesaat yang kita rasakan karena tekanan dan beban yang kita miliki tidak akan selesai begitu saja, esoknya ia akan tetap ada dan terus membebani kita.

Bayangkan kalau gara-gara kita tidak memberikan suara maka akan berakibat pada lambatnya proses kebangkitan negeri ini, karena pemimpin serta wakil rakyatnya diisi oleh orang-orang yang hanya mementingkan kepentingan dirinya sendiri. Negara ini harus menunggu 5, 10 atau entah berapa tahun lagi untuk bisa bangkit karena rakyatnya sudah kehilangan kesadaran untuk membangun negeri ini, kehilangan kepeduliannya sebagai pemegang saham dari negeri besar dan indah ini.

***

Total comment

Author

KAMMI_Batam

Tanah Suci Yang Terlupakan




Umat islam memiliki tiga masjid yang diutamakan, yaitu al masjidil haram di makah, masjid Nabi SAW di madinah dan masjid al aqsha di palestina.

Rasulullah SAW bersabda:

“tidak dipandang sebagai perjalanan yang utama kecuali kepada tiga masjid, yaitu masjidku ini, al masjidil haram dan al masjidil aqsha”. (H.R. Bukhairi, Muslim dan Ahmad, Abu Daud, an nasai dari ibnu majah yang bersumber dari abu hurairah)

Dan dalam hadist lain diterangkan pula:

“shalat dalam al masjidil haram senilai dengan seratus ribu shalat. Shalat di dalam masjidku senilai dengan seribu dan di dalam baitil maqdis senilai dengan lima ratus. (H.R. Baihaqi yang bersumber dari jabir)

Bahkan Allah SWT telah berfirman menyebutkan kedudukan baitul maqdis

” Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. ” (al israa: 1)

Baitul maqdis telah menjadi daerah kaum muslimin sejak masa khalifah kedua (Umar bin Khattab r.a.) dan telah berusia lebih dari tiga belas abad, tempat itu telah dibangun dan diperbaiki berkali-kali, tidak ada yang menghalanginya, baik orang islam, nasrani maupun yahudi.

Malah pemerintah islam memberi kebebasan beribadah kepada orang yang dating berkunjung ke tempat itu sesuai dengan ajaran masing-masing baik itu golongan nasrani ataupun yahudi. Islam mengajarkan tidak ada paksaan dalam agama.

Namun semuanya berubah ketika perang dunia kedua usai, dengan bantuan dan tipu daya pemerintah inggris, orang yahudi berhasil mendirikan sebuah pemerintahan di palestina dengan nama Israel laknatullah. Mereka mengusir kaum muslimin dari rumah-rumah milik mereka dengan segala macam cara yang ganas dan kejam tapi entah mengapa amerika yang katanya Negara yang menjunjung tinggi HAM ataupun PBB yang katanya organisasi perdamaian dunia hanya diam seribu bahasa. Keganasan kaum yahudi laknatullah tak berhenti sampai di sana, mereka juga membakar masjid-masjid yang megah dengan berbagai dalih dan dibongkar serta diubah menurut kehendak hati mereka. Mulailah kaum muslimin dihalang-halangi beribadah di masjidil aqsha, padahal masjidil aqsha dahulu adalah kiblat pertama kaum muslim dan tempat mi’raj Nabi kita Muhammad SAW.

Dari sabda Rasulullah SAW dan firman Allah tersebut tak dapat dipungkiri bahwa masjidil aqsha adalah salah satu masjid utama kaum muslim, tapi kenapa saat ini umat muslim masih banyak yang tidak menyadari bahwa masjidil aqsha adalah salah satu tempat suci umat muslim yang merupakan saksi perjalanan Rasulullah SAW ketika beliau melaksanakan isra mi’raj. Bahkan para pemimpin-pemimpin bangsa arab kenapa hanya diam saja ketika melihat tanah suci palestina diwarnai dengan darah kaum muslimin oleh para laknatullah? Apakah ini dampak dari rasa nasionalisme yang ditanamkan oleh bangsa barat untuk tidak peduli terhadap saudara-saudara mereka yang memanggil meminta pertolongan selama negerinya tidak terganggu? Lalu sudah lupakah kita bahwa sesungguhnya kaum muslim itu ibarat satu tubuh?


Sumber; (http://nurulmahfud.blogspot.com)

Total comment

Author

KAMMI_Batam

KAMMI BATAM SAVE PALESTINA











Total comment

Author

KAMMI_Batam

Bakti Sosial














Total comment

Author

KAMMI_Batam

Mahasiswa memang menjadi komunitas yang unik di mana dalam catatan sejarah perubahan selalu menjadi garda terdepan dan motor penggerak perubahan . Mahasiswa di kenal dengan jiwa patriotnya serta pengorbanan yang tulus tanpa pamrih . Namun hanya sedikit rakyat Indonesia yang dapat merasakan dan punya kesempatan memperoleh perndidikan hingga ke jenjang ini karena system perekomian di Indonesia yang kapitalis serta biaya pendidikan yang begitu mahal sehingga kemiskinan menjadi bagian hidup rakyat ini .
Dalam tulisan ini penulis memetakan ada ada empat peran mahasiswa yang menjadi tugas dan tanggung jawab yang akan di pikul .

1. Peran moral .
Mahasiswa yang dalam kehidupanya tidak dapat memberikan contoh dan keteladanan yang baik berarti telah meninggalkan amanah dan tanggung jawab sebagai kaum terpelajar . Jika hari ini kegiatan mahasiswa berorientasi pada hedonisme ( hura - hura dan kesenanggan ) maka berarti telah berada persimpangan jalan . Jika mahasiswa hari ini lebih suka mengisi waktu luang mereka dengan agenda rutin pacaran tanpa tahu dan mau ambil tahu tentang peruban di negeri ini ,jika hari ini mahasiswa lebih suka dengan kegiatan festival musik dan kompetisi ( entertaiment ) dengan alasan kreatifitas ,dibanding memperhatikan dan memperbaiki kondisi masyarakat dan mengalihkan kreatifitasnya pada hal - hal yang lebih ilmiah dan menyentuh kerakyat maka mahasiswa semacam ini adalah potret “generasi yang hilang “yaitu generasi yang terlena dan lupa akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pemuda dan mahasiswa .

2. Peran sosial.
Mahasiswa harus menumbuhkan jiwa - jiwa sosial yang dalam atau dengan kata lain solidaritas sosial . Solidaritas yang tidak dibatasi oleh sekat sekat kelompok ,namun solidaritas sosial yang universal secara menyeluruh serta dapat melepaskan keangkuhan dan kesombongan . Mahasiswa tidak bisa melihat penderitaan orang lain , tidak bisa melihat poenderitan rakyat , tidak bisa melihat adanya kaum tertindas dan di biarkan begitu saja . Mahasiswa dengan sifat kasih dan sayangnya turun dan memberikan bantuan baik moril maupun materil bagi siapa saja yang memerlukannya .
Sebagai contoh di Kalimantan Barat pada tahuan 1998 s/d 2000 pernah terjadi gelombang pengungsian besar - besaran akibat konflik sosial di daerah ini maka mahasiswa musti ikut memperhatikan masalah ini dengan memberikan bantuan baik secara moril maupun meteril serta pemikirannya serta ikut mencarikan solusi penanganan bencana kemanusiaan ini , Betapa peran sosial mahasiswa jauh dari pragmatisme ,dan rakyat dapat merasakan bahwa mahasiswa adalah bagian yang tak dapat terpisahkan dari rakyat , walaupun upaya yang sistimatis untuk memisahkan mahasiswa dari rakyat telah dan dengan gencar dilakukan oleh pihak - pihak yang tidak ingin rakyat ini cerdas dan sadar akan problematika ummat yang terjadi.

3. Peran Akademik.

Sesibuk apapun mahasiswa,turun kejalan ,turun ke rakyat dengan aksi sosialnya ,sebanyak apapun agenda aktivitasnya jangan sampai membuat mahasiswa itu lupa bahwa adalah insan akademik. Mahasiswa dengan segala aktivitasnya harus tetap menjaga kuliahnya. Setiap orang tua pasti ingin anaknya selesai kuliah dan menjadi orang yang berhasil. Maka sebagai seorang anak berusahalah semaksimal mungkin untuk dapat mewujudkan keinginan itu ,untuk mengukir masa depan yang cerah .
Peran yang satu ini teramat sangat penting bagi kita , dan inilah yang membedakan kita dengan komonitas yang lain ,peran ini menjadi symbol dan miniatur kesuksesan kita dalam menjaga keseimbangan dan memajukan diri kita. Jika memang kegalan akademik telah terjadi maka segeralah bangkit ,”nasi sudah jadi bubur maka bagaimana sekarang kita membuat bubur itu menjadi “ bubur ayam spesial “. Artinya jika sudah terlanjur gagal maka tetaplah bangkit seta mancari solusi alternatif untuk mengembangkan kemampuan diri meraih masa depan yang cerah dunia dan akhirat .

4. Peran politik

Peran politik adalah peran yang paling berbahaya karena disini mahasiswa berfungsi sebagai presseur group ( group penekan ) bagi pemerintah yang zalim. Oleh karena itu pemerintah yang zalim merancang sedemikian rupa agar mahasiswa tidak mengambil peran yang satu ini . Pada masa ordebaru di mana daya kritis rakyat itu di pasung , siapa yang berbeda pemikiran dengan pemerintah langsung di cap sebagai makar dan kejahatan terhadap negara. Pemerintahan Orba tidak segan - segan membumi hanguskan setiap orang - orang yang kritis dan berseberangan dengan kebijakan pemerintah .
Dalam dunia kampus pada tahun 1984 lewat mentri pendidikan Daud Yusuf pemerintah mengeluarkankebijakan NKK/BKK (Normalisasis kehidupan kampus).Yang melarang keras mahasiswa beraktifitas politik. Dan kebijakan ini terbukti ampuh memasung gerakan - gerakan mahasiswa yang membuat mahasiswa sibuk dengan kegiatan rutinjtas kampus sehinngga membuat mahasiswa terpenjara oleh system yang ada.
Mahasiswa adalah kaum terpelajar dinamis yang penuh dengan kreativitas. Mahasiswa adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari rakyat. Sekarang mari kita pertanyaan pada diri kita yang memegang label Mahasiswa, sudah seberapa jauh kita mengambil peran dalam diri kita dan lingkungan.

PENULIS : Mamad Ismail
Kastrat KAMMI Komsat Universitas Tanjungpura Pontianak
(khatulistiwa)

Total comment

Author

KAMMI_Batam
Mari kita bantu penderitaan mereka sebisa kita. Minimal Doakan mereka supaya bisa merdeka, tidak lagi Tanah Airnya digerogoti seenaknya. Tidak perlu lagi ada korban yang berjatuhan, darah berceceran, anak yang kehilangan orangtuanya. Pemerintah Indonesia sudah berencana meberikan bantuan Medis. MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) bahkan mengirim relawan melalui misi kemanusiaannya.

Bantuan Donasi MER-C

DONASI SMS: ketik MERC PEDULI kirim ke 7505
 (Rp. 5000/sms)

salurkan bantuan untuk rakyat Palestina ke:

BCA: No. Rek. 686.0153678
(a.n. Medical Emergency Rescue Committee)

BMI: No. Rek. 301.00521.15 
(a.n. MER-C)

BSM: No. Rek. 009.0121.773 
(a.n. Medical Emergency Rescue Committee)

Total comment

Author

KAMMI_Batam
KAMMI sadari jalan ini kan penuh onak dan duri
Aral menghadang dan kedzaliman yang kan kami hadapi
Kami relakan jua serahkan dengan tekad di hati
Jasad ini , darah ini sepenuh ridho Ilahi
Kami adalah panah-panah terbujur
Yang siap dilepaskan dari bujur
Tuju sasaran , siapapun pemanahnya
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tujuh Baris Kalimat Yang sangat dalam artinya bukti bahwa perjalanan dakwah, jihad yang sangat susah ditempuh akan tetapi semua itu mudah di lakukan dengan sebuah tekad dan keyakinan untuk bergerak dijalan allah demi mendapatkan ridhanya
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KAMMI adalah pedang-pedang terhunus
Yang siap terayun menebas musuh
Tiada peduli siapapun pemegangnya
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebuah Bukti bahwa KAMMI siap untuk menjadi orang yang ingin menegakkan keadilan apapun rintangannya
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Asalkan ikhlas di hati tuk hanya Ridho Ilahi
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Asalkan ikhlas di hati tuk hanya Ridho Ilahi, Semua dilakukan dengan dasar ikhlas dan demi mendapatkan ridha dari allah bukan untuk jago jagoan
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KAMMI adalah tombak-tombak berjajar
Yang siap dilontarkan dan menghujam
Menembus dada lantakkan keangkuhan

KAMMI adalah butir-butir peluru
Yang siap ditembakkan dan melaju
Mengoyak dan menumbang kezaliman

Asalkan ikhlas di hati tuk jumpa wajah Ilahi Rabbi

KAMMI adalah mata pena yang tajam
Yang siap menuliskan kebenaran
Tanpa ragu ungkapkan keadilan

KAMMI pisau belati yang selalu tajam
Bak kesabaran yang tak pernah akan padam
Tuk arungi dawah ini , jalan panjang

Asalkan ikhlas dihati menuju jannah Ilahi Rabbi

Total comment

Author

KAMMI_Batam
Hari ini aku ingat kembali, Wajah-wajah halus yang keras, Yang berbicara tentang kemerdekaan, Dan demokrasi, Dan bercita-cita Menggulingkan tiran, Aku mengenali mereka, yang tanpa tentara mau berperang melawan diktator dan yang tanpa uang mau memberantas korupsi,. Kawan-kawan, Kuberikan padamu cintaku, Dan maukah kau berjabat tangan selalu dalam hidup ini?

(Soe Hok Gie, Sinar Harapan, 18 Agustus 1973)


Soe Hok Gie dilahirkan pada tanggal 17 Desember 1942, adik dari sosiolog Arief Budiman. Catatan harian Gie sejak 4 Maret 1957 sampai dengan 8 Desember 1969 dibukukan tahun 1983 olehLP3ES ke dalam sebuah buku yang berjudul Soe Hok Gie: Catatan Seorang Demonstran setebal 494 halaman. Gie meninggal di Gunung Semeru sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-27 — 16 Desember 1969 akibat gas beracun.
Setelah lulus dari SMA Kanisius Gie melanjutkan kuliah keUniversitas Indonesia tahun 1961. Di masa kuliah inilah Gie menjadi aktivis kemahasiswaan. Banyak yang meyakini gerakan Gie berpengaruh besar terhadap tumbangnya Soekarno dan termasuk orang pertama yang mengritik tajam rejim Orde Baru.
Gie sangat kecewa dengan sikap teman-teman seangkatannya yang di era demonstrasi tahun 66 mengritik dan mengutuk para pejabat pemerintah kemudian selepas mereka lulus berpihak ke sana dan lupa dengan visi dan misi perjuangan angkatan 66. Gie memang bersikap oposisif dan sulit untuk diajak kompromi dengan oposisinya.
Selain itu juga Gie ikut mendirikan Mapala UI. Salah satu kegiatan pentingnya adalah naik gunung. Pada saat memimpin pendakian gunung Slamet 3.442m, ia mengutip Walt Whitman dalam catatan hariannya, “Now I see the secret of the making of the best person. It is to grow in the open air and to eat and sleep with the earth”.
Soe Hok Gie di pilar triangulasi puncak Pangrango, 1967
Pemikiran dan sepak terjangnya tercatat dalam catatan hariannya. Pikiran-pikirannya tentang kemanusiaan, tentang hidup, cinta dan juga kematian. Tahun 1968 Gie sempat berkunjung ke Amerika dan Australia, dan piringan hitam favoritnya Joan Baez disita di bandara Sydney karena dianggap anti-war dan komunis. Tahun 1969 Gie lulus dan meneruskan menjadi dosen di almamaternya.
Bersama Mapala UI Gie berencana menaklukkan Gunung Semeru yang tingginya 3.676m. Sewaktu Mapala mencari pendanaan, banyak yang bertanya kenapa naik gunung dan Gie berkata kepada teman-temannya:
“Kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami. Kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal objeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung.”
8 Desember sebelum Gie berangkat sempat menuliskan catatannya: “Saya tak tahu apa yang terjadi dengan diri saya. Setelah saya mendengar kematian Kian Fong dari Arief hari Minggu yang lalu. Saya juga punya perasaan untuk selalu ingat pada kematian. Saya ingin mengobrol-ngobrol pamit sebelum ke semeru. Dengan Maria, Rina dan juga ingin membuat acara yang intim dengan Sunarti. Saya kira ini adalah pengaruh atas kematian Kian Fong yang begitu aneh dan begitu cepat.” Selanjutnya catatan selama ke Gunung Semeru lenyap bersamaan dengan meninggalnya Gie di puncak gunung tersebut.
24 Desember 1969 Gie dimakamkan di pemakaman Menteng Pulo, namun dua hari kemudian dipindahkan ke Pekuburan Kober, Tanah Abang. Tahun 1975 Ali Sadikin membongkar Pekuburan Kober sehingga harus dipindahkan lagi, namun keluarganya menolak dan teman-temannya sempat ingat bahwa jika dia meninggal sebaiknya mayatnya dibakar dan abunya disebarkan di gunung. Dengan pertimbangan tersebut akhirnya tulang belulang Gie dikremasi dan abunya disebar di puncak Gunung Pangrango.(http://yulian.firdaus.or.id/2004/12/16/soe-hok-gie/)

Total comment

Author

KAMMI_Batam

tanggal 6 Oktober kemaren, aku dan temen2 KAMMI ngadain acara halal bi halal. tempatnya di pulau sambu (ini kali pertama) agak gimana juga c waktu mau kesana, abis kata orang ga boleh sembarangan masuk kesana. tapi ternyata, akh biasa aja, masuk boleh2 aja cuman pesennya ga boleh buang sampah sembarangan aja emang.

pas pertama kali nginjekin kaki disana, subhanallah,,
tempatnya bagus banget, asri, jauh dari hiruk pikuk, polusi dan kekacauan lainnya di Kota Batam.

disana acara hala bi halal diisi dengan pemotivasian, menata ulang semangat yang disampaikan (dengan sangat luar biasa) dari dr. Alf.

dalam motivasi yang diberikannya dr. alf mengingatkan kembali tentang tujuan awal kita dalam hidup ini karena apa yang kita lakukan berawal dari niat, tujuan awal kalo kita lupa akan hal itu sudah jelas akan terjadi disorientasi dalam hidup kita,,

kalo udah gitu target2 yang udah kita rencanakan sejak awal juga udah pasti ga bakal tercapai, stuck dan akhirnya kita cuman jadi pecundang klo terus terpuruk dalam kekecewaan. Selain itu kurangnya rasa tanggung jawab terhadap amanah yang kita emban juga merupakn faktor yang menghambat kesuksesan kita, seringkali kita menyalahkan orang lain atau Bahkan Allah Swt. ketika mengalami kegagalan. Instropeksi diri, re-arrange rencana dan kemudian bangkit itu ciri pemenang sejati.

dan akhirnya satu hal, potensi yang kita miliki sangatlah besar hanya saja kadang kita membatasi potensi tersebut hingga akhirnya kita cuman jadi manusia dengan "m" kecil tanpa pernah menjadi Manusia dengan "M" besar.

hidup cuman sekali tentunya kita ga pengen keberadaan kita di dunia ini hanya menjadi sekedar pelengkap kuantitas manusia di dunia ini, biografi kita hanya tertulis 3 baris (nama, tgl lahir, tgl wafat) tanpa ada kontribusi apapun yang bisa kita berikan untuk orang-orang di sekitar kita,,

mari mulai menjadi orang yang menebar manfaat sebanyak-banyaknya karena bukankah manusia yang paling baik adalah manusia yang paling bermanfaat bagi orang2 di sekitarnya.

Total comment

Author

KAMMI_Batam

Hari Kesehatan Nasional ke-44


Moment Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang tepat jatuh pada tanggal 12 November 2008 tidak begitu saja dilewatkan oleh kader KAMMI Komsat Batam yang kuliah di Akademi Keperawatan Mitra Bunda. Mereka membagikan Vitamin C kepada mahasiswa dan dosen sebanyak 44 buah sesuai dengan HUT HKN yang ke-44.

Sebagai mahasiswa AKPER yang nantinya akan terjun ke masyarakat, kita tidak bisa menutup mata dengan begitu banyaknya kasus kesehatan. Rendahnya kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan sehat merupakan tantangan tersendiri bagi tenaga kesehatan. Apalagi ditambah dengan adanya slogan “Menuju Indonesia Sehat 2010” apakah kita bisa mencapainya? wallahu’alam bis shawab

Total comment

Author

KAMMI_Batam
alhamdullilah akhirnya Kammi batam genap 1 tahun, setelah perjalanan 27 desember 2008 yang lalu. kini kammi batam besar dan berusaha mencari kebajikan, untuk membantu kaum muslimin dan muslimat yang membutuhkan, kini kammi harus yakin dan sadar bahwa kammi harus dapat berguna untuk siapapun. karena kammi yakin harapan itu masih ada.

Total comment

Author

KAMMI_Batam
Kampung Belian Merupakan Salah Satu tempat yang berada dikota batam, yang cukup miris, dimana banyak hal yang mereka butuhkan, akan tetapi perhatian pemerintah yang kurang terhadap tempat ini.

padahal kampung belian tidak terlalu jauh dengan pusat pemerintahn kota batam, kammi batam menggelar bakti sosial berupa pembagian baju layak pakai, pengobatan gratis dan sharing tentang apa yang dibutuhkan masyarakat di kampung belian.

topik yang hangat pun dibicarakan dalam acara sharing, dari yang paling urgent yang mereka inginka yakni mendapatkan penerangan dari pelayanan listrik nega, itu saja sudah cukup nak ujar seorang ibu saat berdiskusi bersama kami.

mereka mengharapkan penerangan untuk dapat samapai ketempat mereka.

ada begitu banyak yan terlupakan dari kota yang besar ini.

Total comment

Author

KAMMI_Batam
Baksos yang pertama kali digelar oleh kestuan aksi mahasiswa muslim indonesia, digelar di tanjung riau kota batam. penduduk yang notabennya pelayan ini mendapatkan pelayanan kesehatan dan pembagian bubuk abate gratis oleh kestuan aksi mahasiswa muslim komisariat kota batam.
acara ini disambut dengan baik oleh masyarakat dengan datangnya masyarakat untuk mengikuti pengobatan gratis.
acara ini merupakn program kerja dri pengabdian masyarakat. acara yang digelar pertama kali ini dapat dianggap sukses

Total comment

Author

KAMMI_Batam
BATAM -  Menteri Pemuda dan Olah Raga Adyaksa Dault mengatakan, penyalahgunaan narkoba saat ini sudah merongrong semua kalangan.
Mengutip data yang dilansir Badan Narkotika Nasional, Adyaksa Dault mengungkapkan ada 15 ribu orang yang meninggal karena narkoba setiap tahunnya dan sebagian besar adalah remaja.

’’Artinya, ada 40 orang yang meninggal tiap harikarena narkoba,’’ ujar Menpora Adyaksa Dault ketika menghadiri talk show yang digelar Kesatuan Aksi Muslim Indonesia (KAMMI) Batam, kemarin.


Menpora di hadapan ratusan remaja Batam di Masjid Raya Batam Centre juga mengatakan, narkoba kian merusak masa depan bangsa karena gampang mendapatkannya.


Di Jakarta, ia mencontohkan narkoba bisa dinikmati melalui permen. Akibatnya tidak hanya dari kalangan biasa, anak ustadz pun, bebernya, juga terjerat narkoba.


Topik narkoba ini merupakan salah satu topik yang mengemuka dalam talk show yang bertajuk ’’Bangkitlah Pemuda Indonesia’’ yang dilaksanakan KAMMI Batam.


Menurut Ketua KAMMI Komisariat Batam Syafrizal, seks bebas dan narkoba merupakan masalah besar bangsa ini dalam membangun generasi muda yang berkualitas.


Seks bebas di luar nikah, katanya, seolah menjadi hal yang wajib dilakukan generasi muda. Akibatnya, lanjutnya banyak bayi lahir tanpa orang tua yang jelas. Bayi-bayi dibuang bahkan dibunuh karena kehadirannya tidak diinginkan pasangan muda yang telah menyimpang.


Masalah yang lebih besar adalah terlibatnya pemuda dalam penggunaan narkoba yang terus meningkat. ’’Banyak pemuda yang awalnya coba-coba, tapi akhirnya mereka ketergantungan dan rela melakukan apa saja untuk mendapatkan barang itu,’’ ujarnya.


Berawal dari masalah ini, lanjutnya, KAMMI menggelar talk show dengan Menpora Adyaksa Dault agar para remaja Batam mendapatkan wawasan dan memberikan masukan kepada pemerintah dalam membangun generasi muda yang berkualitas. Acara yang merupakan rangakaian Milad KAMMI ke-10  diikuti ratusan pelajar dan pemuda se-Kota Batam. (uma

Total comment

Author

KAMMI_Batam
Selasa, 30 Desember 2008 | 17:06:00
Batam (BCZ) Aksi mengecam serangan militer Israel ternyata sampai juga di Batam. Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Batam tadi pagi (30/12) melakukan aksi demonstrasi mengecam tindakan penyerangan yang dilakukan oleh Israel ke Palestina. Dalam demonstrasi yang dimulai dari Mesjid Raya tersebut mahasiswa membakar bendera Israel di Simpang Jam.

Selain membakar bendera Israel, para demonstran juga membawa keranda mayat sebagai simbol jatuhnya korban warga sipil dan orang-orang muslim di Palestina akibat serangan Israel tersebut. Para demonstran juga menuntut agar Israel menghentikan serangan mereka ke perkampungan Gaza di Palestina.

“Kami minta kepada Pemerintah Kota Batam agar menggalang dana guna dikirimkan ke Palestina. Hal ini kita minta karean saudara-saudara kita yang ada di Palestina pasti sedang kelaparan akibat logistik mereka menjadi sasaran tentara Israel,” kata Ketua KAMMI Komisariat Batam Syafrizal.

KAMMI mengancam akan menggelar demo besar-besaran jika Pemerintah Kota Batam tidak mempedulikan nasib rakyat Palestina yang saat ini mengalami penderitaan.

"KAMMI akan kembali turun ke jalan pada tanggal 1 Januari 2009 untuk menyampaikan keperhatinan warga Plastina yang hidupnya tidak pernah damai, terus mendapatkan serangan nuklir dan bom dari Israil," jelasnya. (jhs)

Total comment

Author

KAMMI_Batam
Kamis, 11 Desember 2008
BATAM, METRO: Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Batam, turun ke jalan. Di Simpang Kabil, Batamcenter, mereka menilai upaya komisi pemberantasan korupsi (KPK) masih setengah hati. “Ternyata penegakan hukum dan pemberantasan korupsi di negara kita masih sebatas jargon dan janji belaka. Buktinya masih banyak pemberantasan korupsi yang tebang pilih dan tidak terjamah oleh penegak hukum,” Taufiq, koordinator demo dalam orasi yang digelar di Simpang Kabil, Selasa (9/12).

 Bersempena hari anti korupsi itu, KAMMI Komisariat Politeknik Batam, itu juga mengungkapkan fakta terbaru. Taufiq menyebutkan, tenggelamnya kasus pengadaan alat pemadam kebakaran oleh Otorita Batam (OB) dan kasus pengalihfungsian hutan lindung di Baloi, membuktikan upaya pemberantasan korupsi masih setenag hati. 

Untuk itu, KAMMI dalam pernyataan sikapnya mendesak kejaksaan dan KPK untuk lebih serius lagi dalam pemberantasan korupsi di Batam. KAMMI juga mengajak segenap elemen bangsa untuk tidak korupsi dan berpartisipasi aktif dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. 

“Kita tak lagi melihat wakil rakyat hebat. Padahal mereka adalah wakil kita,” sindir Taufiq dalam orasinya. 

Beberapa aktivs KAMMI juga menenteng beberapa tuntutan dan desakan yang mereka pamerkan dengan cara berdiri di marka jalan melingkar di Simpang Kabil. Salah satu tulisan di kertas yang mereka tenteng adalah, “jangan jadikan korupsi budaya bangsa ini.”(for)




Total comment

Author

KAMMI_Batam

Aris Hardy Ikut Tanda TanganPDFPrintE-mail
Written by itribun   
Selasa, 28 Oktober 2008
ImageBATAM, TRIBUN - Pro dan kontra pengesahan RUU Pornografi terus berlangsung di seluruh wilayah Indonesia termasuk Batam. Puluhan orang yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Akhlaq Mulia (Gempa) Kota Batam  mendatangi  Gedung DPRD Batam untuk menyampaikan  dukungan kepada DPR RI agar segera mengesahkan RUU Pornografi, Senin (27/10).
Korlap Aksi, Agus Purwanto, mengatakan hak untuk mengesahkan ada di tangan DPR RI dan itu perlu dukungan dari masyarakay. “Kami sudah melihat dari 6.000 SMS yang masuk ke Call Centre Pansus RUU Pornografi hanya 20 SMS yang menolak. Itu menandakan semua elemen masyarakat sangat mendukung disahkannya UU Pornografi,” kata Agus disela orasi di halaman gedung DPRD Batam. 
Seorang pengunjuk rasa mengatakan Amerika saja  sebagai negara demokratis dan liberal tetap menggunakan UU Pornografi. Indonesia  sebagai negara Islam terbesar di dunia tidak menerapkan ini, bagaimana nasib generasi muda ke depan.

Dalam aksi itu yang didominasi kaum ibu itu, mereka juga membakar gambar-gambar porno sebagai pertanda menolak pornografi. Mereka  sangat prihatin atas maraknya pergaulan bebas, free sex, dan berbagai tindak pidana seperti pelecehan seksual dan pemerkosaan disertai pembunuhan. 
“Di Batam kita disuguhi berita tentang pesta seks yang dilakukan oleh beberapa pelajar, serta berita pemerkosaan yang semuanya itu berawal dari mudahnya mengakses informasi pornografi dan pornoaksi yang didapat para pelaku. Oleh karena itu tidak ada kata selain harus menyelamatkan moral bangsa yang mulai terpuruk ini,” kata Agus Purwanto.
Salah seorang ibu yang ikut berdemo,  Siti Nurlaila, mengatakan aksi ini sebagai bentuk kepeduliannya terhadap moral bangsa. Dengan disahkannya RUU Pornografi ini, wanita dan anak-anak akan merasa terlindungi. “Saya melihat RUU Pornografi ini mengayomi semua pihak, kalau ada yang menyebut  untuk kepentingan agama tertentu saya tidak setuju, karena saya sudah baca drafnya justru melindungi semua masyarakat Indonesia,” kata Siti. 
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Batam Aris Hardy Halim yang menerima pendemo mengatakan DPRD mendukung percepatan pengesahan RUU Pornografi. 
Ia pun menerima pernyataan sikap dari aliansi MUI Kota Batam, Departemen Agama Kota Batam, Persatuan Mubalig Batam (PMB), Front Pembela Islam (FPI) Kota Batam, IDM, Ikatan Dai Indoneasia (IKADI) Kota Batam, Hizbut Tahrir Indonesia Kota Batam, Syariah Consulting Centre Kota Batam, SALIMAH Kota Batam, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Batam, GMPI, IMMPB, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIE Ibnu Sina dan BEM Politeknik Batam untuk disampaikan ke DPR RI.
Selain itu, anggota Fraksi PKS itu juga menandatangani petisi percepatan pengesahan RUU Pornografi di atas spanduk. (hat/ant)

Total comment

Author

KAMMI_Batam
Bertempat Di simpang jam Kota Batam, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Batam menggelar aksi hari aids sedunia. para mahasiswa ini menolak kondomisasi oleh pemerintah.

Menurut ketua KAMMI Kota Batam Syafrizal, anjuran penggunaan kondom merupakan bentuk pelegalan terhadap budaya seks bebas. ”Dengan tegas kami menolak legalisasi seks bebas dengan dalih pembagian kondom kepada masyarakat,” ujarnya.

aksi tersebut merupakan aksi gabungan antara KAMMI komisariat Poltek Batam, Uniba, Akper Mitra Bunda Persada dan Fakultas Teknik Umrah.

Total comment

Author

KAMMI_Batam

KAMMI DEMO KEJARI

Sejumlah aktivis KAMMI Komisariat Batam, Rabu (23/7) mengadakan aksi menuntut pemberantasan kasus korupsi yang terjadi di Kota Batam oleh Kejaksaan Negeri (KEJARI) Batam. Aksi ini dilakukan selang 1 hari setelah hari bakti adhyaksa ke-48 yang merupakan hari ulang tahun kejaksaan.


“Sengaja kita aksi tanggal 23 Juli bertepatan dengan hari anak nasional untuk menghormati KEJARI,” ungkap Syafrijal Ketua KAMMI Komisariat Batam. Pada ulang tahunnya kali ini memang ada yang berbeda dari KEJARI konsep perayaannya lebih kepada instrospeksi diri merenungkan kesalahan – kesalahannya.


Hal ini wajar karena saat ini Kejaksaan sedang mengalami sebuah permasalahan berupa terungkapnya beberapa jaksa yang menerima suap dari tersangka kasus BLBI.


Aksi yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut, berlangsung damai. Aksi diisi dengan orasi dan lagu-lagu perjuangan khas mahasiswa.


Dalam aksi tersebut KAMMI mendesak Kejari Batam agar segera menuntaskan kasus-kasus korupsi yang terjadi di Batam, mendesak Kejari Batam untuk lebih pro aktif dalam upaya untuk mengungkap kasus-kasus korupsi di Batam, mengembalikan kekayaan dan uang negara yang dikorupsi dan membersihkan birokrasi pemerintah dari KKN dan siap menjadi partner Kejari Batam dan Masyarakat guna mewujudkan birokrasi pemerintahan yang bersih dari KKN dan menuntaskan kasus korupsi di Kota Batam.


Di akhir aksinya Syafrijal selaku ketua KAMMI Komisariat Batam memberikan secara simbolik korek kuping raksasa kepada kepala Kejari Suharto Rasidi. “Korek kuping ini bermakna agar Kejari mebuka telinganya agar dapat menuntaskan kasus korupsi di kota Batam.

Total comment

Author

KAMMI_Batam
KILAS BALIK SEJARAH LAHIRNYA KAMMI

DASAR KEMUNCULAN
1. Adanya indikator yang mematikan potensi bangsa.
2. Urgensi Sebuah Tuntutan Reformasi
3. Adanya Kepentingan Umat Islam Untuk Segera Berbuat
4. Aksi Demontrasi dan Mimbar Bebas Semakin Menjamur.
5. Mahasiswa Islam Merupakan Elemen Sosial.
6. Suara Umat Islam Mulai Terabaikan.
7. Depolitisasi Kampus Memandulkan Peran Mahasiswa.

WAKTU KELAHIRAN
KAMMI muncul sebagai salah satu kekuatan alternatif Mahasiswa yang berbasis mahasiswa Muslim dengan mengambil momentum pada pelaksanaan Forum Silahturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FS-LDK) X seindonesia yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang. Acara ini dihadiri oleh 59 LDK yang berafiliasi dari 63 kampus (PTN-PTS) diseluruh Indonesia. Jumlah peserta keseluruhan kurang lebih 200 orang yang notabenenya para aktifis dakwah kampus. KAMMI lahir para ahad tanggal 29 April 1998 PK.13.00 wib atau bertepatan dengan tanggal 1 Dzulhijah 1418 H yang dituangkan dalam naskah Deklarasi Malang.

PEMILIHAN NAMA
Pemilihan nama Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia yang kemudian disingkat KAMMI mengandung makna atau memiliki konsekwensi pada beberapa hal yaitu :

KAMMI adalah sebuah kekuatan terorganisir yang menghimpun berbagai elemen Mahasiswa.
Muslim baik perorangan maupun lembaga yang sepakat bekerja dalam format bersama KAMMI.

KAMMI adalah sebuah gerakan yang berorientasi kepada aksi real dan sistematis yang dilandasi gagasan konsepsional yang matang mengenai reformasi dan pembentukan masyarakat Islami (berperadaban).

Kekuatan inti KAMMI adalah kalangan mahasiswa pada berbagai stratanya yang memiliki komitmen perjuangan keislaman dan kebangsaan yang jelas dan benar.

Visi gerakan KAMMI dilandasi pemahaman akan realitas bangsa Indonesia dengan berbagai kemajemukannya, sehingga KAMMI akan bekerja untuk kebaikan dan kemajuan bersama rakyat, bangsa dan tanah air Indonesia.

Kredo Gerakan
Kami adalah orang-orang yang berpikir dan berkendak merdeka. Tidak ada satu orang pun yang bisa memaksa kami bertindak. Kami hanya bertindak atas dasar pemahaman, bukan taklid, serta atas dasar keikhlasan, bukan mencari pujian atau kedudukan.

Kami adalah orang-orang pemberani. Hanyalah Allah yang kami takuti. Tidak ada satu makhluk pun yang bisa menggentarkan hati kami, atau membuat kami tertunduk apalagi takluk kepadanya. Tiada yang kami takuti, kecuali ketakutan kepadaNya.

Kami adalah para petarung sejati. Atas nama al-haq kami bertempur, sampai tidak ada lagi fitnah di muka bumi ini. Kami bukan golongan orang yang melarikan diri dari medan pertempuran atau orang-orang yang enggan pergi berjihad. Kami akan memenangkan setiap pertarungan dengan menegakkan prinsip-prinsip Islam.

Kami adalah penghitung risiko yang cermat, tetapi kami bukanlah orang-orang yang takut mengambil risiko. Syahid adalah kemuliaan dan cita-cita tertinggi kami. Kami adalah para perindu surga. Kami akan menyebarkan aromanya di dalam kehidupan keseharian kami kepada suasana lingkungan kami. Hari-hari kami senantiasa dihiasi dengan tilawah, dzikir, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran, diskusi-diskusi yang bermanfaat dan jauh dari kesia-siaan, serta kerja-kerja yang konkret bagi perbaikan masyarakat.Kami adalah putra-putri kandung dakwah, akan beredar bersama dakwah ini ke mana pun perginya, menjadi pembangunnya yang paling tekun, menjadi penyebarnya yang paling agresif, serta penegaknya yang paling kokoh.

Kami adalah orang-orang yang senantiasa menyiapkan diri untuk masa depan Islam. Kami bukanlah orang yang suka berleha-leha, minimalis dan loyo. Kami senantiasa bertebaran di dalam kehidupan, melakukan eksperimen yang terencana, dan kami adalah orang-orang progressif yang bebas dari kejumudan, karena kami memandang bahwa kehidupan ini adalah tempat untuk belajar, agar kami dan para penerus kami menjadi perebut kemenangan yang hanya akan kami persembahkan untuk Islam.

Kami adalah ilmuwan yang tajam analisisnya, pemuda yang kritis terhadap kebatilan, politisi yang piawai mengalahkan muslihat musuh dan yang piawai dalam memperjuangkan kepentingan umat, seorang pejuang di siang hari dan rahib di malam hari, pemimpin yang bermoral, teguh pada prinsip dan mampu mentransformasikan masyarakat, guru yang mampu memberikan kepahaman dan teladan, sahabat yang tulus dan penuh kasih sayang, relawan yang mampu memecahkan masalah sosial, warga yang ramah kepada masyarakatnya dan responsif terhadap masalah mereka, manajer yang efektif dan efisien, prajurit yang gagah berani dan pintar bersiasat, prajurit, diplomat yang terampil berdialog, piawai berwacana, luas pergaulannya, percaya diri yang tinggi, semangat yang berkobar tinggi.

Filosofi Gerakan

ASAS KAMMI
KAMMI berazaskan Islam. ini mengutamakan persaudaraan (ukhuwwah islamiyah) antar sesama mahasiswa muslim Indonesia dan bersifat Independen.

VISI KAMMI
KAMMI merupakan wadah perjuangan permanen yang akan melahirkan kader-kader pemimpin masa depan yang tangguh dalam upaya mewujudkan masyarakat Islami di Indonesia.

MISI KAMMI
Membina keislaman, keimanan, dan ketaqwaan mahasiswa muslim Indonesia.

Menggali, mengembangkan, dan memantapkan potensi dakwah, intelektual, sosial, dan politik mahasiswa.

Mencerahkan dan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang rabbani, madani (civil society).

Memelopori dan memelihara komunikasi, solidaritas, dan kerjasama mahasiswa Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan kerakyatan dan kebangsaan.

Mengembangkan kerjasama antar elemen masyarakat dengan semangat membawa kebaikan, menyebar manfaat, dan mencegah kemungkaran (amar ma`ruf nahi munkar).

PRINSIP GERAKAN KAMMI
Kemenangan Islam adalah jiwa perjuangan KAMMI
Kebathilan adalah musuh abadi KAMMI
Solusi Islam adalah tawaran perjuangan KAMMI
Perbaikan adalah tradisi perjungan KAMMI
Kepemimpinan umat adalah strategi perjuangan KAMMI
Persaudaraan adalah watak muamalah KAMMI

STATUS, IDENTITAS DAN PERAN
KAMMI adalah organisasi ekstra kampus yang menghimpun mahasiswa muslim seluruh Indonesia secara lintas sektoral, suku, ras dan golongan. KAMMI menghimpun segenap mahasiswa muslim Indonesia yang bersedia bekerjasama membangun negara dan bangsa Indonesia.

KAMMI berperan sebagai wadah dan mitra bagi mahasiswa Indonesia yang ingin menegakkan keadilan dan kebenaran dalam wadah negara hukum Indonesia melalui tahapan pembangunan nasional yang sehat dan bertanggung jawab.

KAMMI mengambil peran sebagai mitra bagi masyarakat dalam upaya-upaya pembangunan masyarakat sipil, demokratisasi dan pembangunan kesatuan/persaudaraan ummat dan bangsa melalui pendampingan/advokasi sosial, kritisi/konstruktif terhadap kebijakan negara yang memarginalisasi masyarakat.

Potret Dinamika KAMMI
Di awal pendiriannya, KAMMI merupakan sebuah jaringan aksi. Setelah tumbangnya rezimentasi Suharto, KAMMI mengalami perubahan format/bentuk pergerakan menjadi sebuah organisasi masyarakat kemahasiswaan ekstra kampus.Hal ini merespons tuntutan di masyarakat akan perlunya wadah bagi pembangunan kepemimpinan di kalangan pemuda terutama mahasiswa.Sejak pendiriannya, KAMMI sudah melakukan 5 (lima) kali Muktamar sebagai forum musyawarah tertinggi organisasi. Dinamika organisasi juga ditandai dengan berkembangnya/berdirinya KAMMI di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Ada beberapa aspek yang menjadi perhatian/concern bagi aktifitas KAMMI :

1. Aspek pembangunan SDM / kaderisasi
Kaderisasi dalam organisasi ibarat menyiapkan kelangsungan hidup/continuity organisasi. Merupakan upaya pembangunan karakteristik ke-Islaman, akidah, akhlaqul karimah, kepemimpinan dan intelektual. Dalam aspek ini meliputi aktifitas rekruitmen, pelatihan berjenjang, up-grading,kursus-kursus dan pembelajaran kepemimpinan baik di dalam organisasi maupun di luar organisasi. Hingga saat ini sudah ada riibuan kader yang telah direkrut dan kemudian sebagian besar kader menjadi pemimpin-pemimpin mahasiswa diberbagai lembaga-lembaga intra kampus maupun ekstra kampus.

2. Aspek Kebijakan Publik dan Intelektualitas
Merupakan aspek pengkritisan terhadap kebijakan-kebijakan negara atas masyarakat, kajian terhadap fenomena masyarakat pada skala lokal, nasional dan global. Kajian dan kritisi merupakan langkah awal untuk melakukan gerakan perubahan menuju perbaikan dan advokasi politik. Aspek ini meliputi telaah kebijakan-kebijakan pemerintahan, penerbitan-penerbitan hasil kritisi kebijakan maupun kontemplasi pemikiran dan pembangunan jaringan ummat pada beragam skala wilayah dan sosial. Pada aspek ini, agenda gerakan mahasiswa ditujukan sebagai pematangan kepemimpinan politik kafer,dan sumbangsih bagi perubahan bangsa.

3. Aspek Sosial Masyarakat
Beragam problem-problem sosial ada di sekitar kita; kemiskinan, keterbelakangan, kriminalitas, kualitas hidup yang rendah, bencana alam dan sebagainya. Problem ini menimbulkan kelemahan dan kerawanan sosial dan bahkan bisa mengancam daya tahan sebuah bangsa. Kepedulian KAMMI diwujudkan dalam bentuk pendampingan/advokasi masyarakat marginal, pendidikan masyarakat lemah, penanganan bencana alam,dan sebagai mitra bagi pemerintah dan organisasi lain untuk bersama mencari solusi atas problem sosial dan budaya.

4. Aspek Ekonomi
Sejumlah kader yang tersebar dalam 43 daerah/jaringan di seluruh Indonesia merupakan potensi ekonmi yang besar. Terlepas dari itu, bahwa pembangunan enterpreneurship dan ruang usaha/ekonomi adalah hal yang sangat penting untuk saat ini ke depan, terutama bagi generasi muda. Aspek ini diwujudkan dengan adanya gerakan Koperasi sebagai gerakan ekonomi KAMMI, pembangunan jaringan usaha baik lokal, nasional dan regional.

5. Aspek Hubungan Masyarakat
Perkembangan masyarakat semakin menuntut kecepatan transformasi informasi dan komunikasi. Dan hal ini sangat besar pengaruhnya bagi pembangunan interrelasi manusia baik secara inpidu maupun kolektif. Aspek ini menekankan pada pembangunan relasi antar inpidu dan institusi baik pada skala nasional maupun global.

6. Aspek Pembangunan Kemuslimahan/Kewanitaan
Masih belum terbangunnya daya gerak dan daya dukung kalangan perempuan (muslimah) telah melahirkan distorsi peran dan psosisi strategis kalangan muslimah dalam pembangunan. Faktor politik, sosial dan budaya yang masih pragmatif, feodal dan liberal telah melahirkan ketidakadilan yang meluas di kalangan wanita. Karena itu pembangunan aspek kemuslimahan ditujukan bagi terbangunnya keberdayaan peran muslimah di segala aspejk kehidupan.

Total comment

Author

KAMMI_Batam